Tuesday, March 27, 2007

Surat dari Jeffrey Winters

pic: indonesia-house

Senin pagi kemarin, saya menerima sebuah surat dari Prof. Jeffrey Winters dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat. Dia adalah indonesianis dan ahli ekonomi-politik. Semasa Orde Baru Soeharto, Winters mengeluarkan daftar kekayaan keluarga Cendana dan kroni-kroninya yang membuatnya jadi incaran rezim.

Saya terus terang agak tercengang karena selama bekerja, saya jarang menerima surat kertas dari orang lain.

Saya sobek bagian pinggir dan mengambil isi surat yang ternyata hanya berisi tiga bundel kertas. Semuanya tentang perayaan "Remembering Prof. Dan S. Lev" yang diselenggarakan awal Agustus 2006 di Seattle.

Dua dari tiga bundel tersebut isinya sama yakni satu lembar gambar Dan Lev dan di halaman belakangnya ada short-bio Dan. Sedang satu bundel lagi hanya leaflet sederhana berupa manual acara perayaan tadi yang diisi sambutan dari keluarga, kolega, murid atau orang terdekat Dan.

Saya perhatikan ada satu orang Indonesia yang dijadwalkan memberi sambutan. Dia adalah Arya Surowidjojo, anak sulung Pak Arief Surowidjojo, ketua Badan Pendiri PSHK. Winters termasuk dalam deretan tersebut setelah Arya Surowidjojo.

Dalam waktu dekat, Winters akan kami minta menulis mengenai "Oligarchy and Rule of Law in Indonesia" di JENTERA. Dia bersedia menulis setelah menyelesaikan penulisan bukunya. Saya kira topik tulisan Winters tadi bakal jadi diskursus menarik di negeri ini.

Kita tunggu.

0 komentar: