Thursday, December 13, 2007

Janet Steele on the Picture



Ini adalah gambar Janet Steele bersama Goenawan Mohamad, serta teman-teman Pantau. Paling kiri Kokoh, Eva, Mbak Mini, dan paling kanan Yusrianti Pontodjaf. Saya sengaja mengambil posisi paling belakang. Saya bukan tipe fotogenic.

Foto ini diambil oleh Andreas Harsono. Saat itu kami bareng-bareng datang ke launching buku "Wars Within" tentang majalah Tempo karya Janet Steele di Klab Rasuna Kuningan, sekitar Juli 2005 silam. Janet perempuan yang sangat ramah dan rendah hati. Dia orang yang suka memberi semangat.

Terus terang saya beruntung berkesempatan mengikuti kursus jurnalisme sastrawi pada angkatan VI pada Juni 2004. Bersama Andreas, dia mengajar kami delapan sesi selama dua minggu. Saya merasa mendapat banyak manfaat dari kursus ini. Bagaimana membuat engine, membuat detail dalam tulisan hingga meresapi bagaimana kerja video ketika menulis.

Ketika meminta tanda tangan di buku yang saya beli saat launching itu, Janet masih ingat saya. Dia membubuhkan paraf dengan sedikit coretan yang kira-kira bunyinya begini: "Buat sahabat dan mahasiswa, Mas Widiyanto".

Sekira tiga minggu lalu ada kabar sedih dari Janet. Dari Florida, tepat di hari Thanksgiving, dia berkirim surat ke Andreas dan teman-teman Pantau kontributor, bilang bahwa ibunya baru saja meninggal dengan tenang.

Kematian ibu cukup damai dan dia tidak menderita, kata Janet. Semoga tabah.

0 komentar: